Friday 16 December 2011

Indonesia masuk Investment Grade lagi setelah 14 tahun

Indonesia mendapatkan perubahan peringkat utang dari BB+ menjadi BBB- dengan prospek stabil oleh Fitch Rating. Perubahan ini mendapatkan respon positif dari Bank Indonesia. Hal ini menjadi kabar yang mengejutkan bagi sejumlah kalangan karena mereka memperkirakan rating investment grade baru akan diperoleh pada awal 2012. Perubahan peringkat utang ini didasari oleh konsistensinya kebijakan pemerintah.
Dengan masuknya Indonesia menjadi investment grade akan membawa sinyal positif bagi investor asing. Indonesia akan menjadi salah satu tujuan investor asing untuk menanamkan modalnya ke Indonesia. Panen investasi ini sebaiknya diarahkan sesuai dengan tujuan pemerintah dan janganlah mengurbankan rakyat ataupun lingkungan. Seperti yang kita ketahui dengan masuknya investor asing, pemerintah terkadang lalai/kurang memperhatikan lingkungan.
Pemerintah sebaiknya memperbaiki/mengadakan infrastruktur yang mendukung proses investasi. Pemerintah juga harus gencar memerangi korupsi, sehingga investor asing tetap percaya pemerintah Indonesia.

No comments:

Post a Comment