Tuesday 23 January 2018

Beginner- Stock Trader

Sejak tanggal 10 Januari 2018 ini mencoba bermain saham dengan modal awal 5 juta. Awal mula ketertarikan bermain saham karena mencoba virtual trading di Trader Hero. Selama seminggu mencoba peruntungan di Trader Hero sambil melakukan browsing analisa teknikal. Awal bermain, saya rugi, karena ini hanya permainan maka saya melakukan reset account dan kembali melakukan trading dengan ilmu google. Saya mendapatkan pola bermain, dan dapat saya share sebagai tips and trick. Berikut tips and trick dari saya; 1. amati pasar pada saat penutupan, cari saham yang laku dan yang terjadi perubahan harga secara signifikan. 2. lakukan analisa grafik sahamnya, apakah naik/turun, beli pada saat saham lagi merah, dan proyeksikan apakah saham itu akan naik lagi (rebound). 3. Setelah beli saham, juallah pada saat saham berada di jalur hijau, karena saham akan berbalik turun Mengapa hal ini terjadi? Pergerakan grafik saham mengikuti hukum permintaan/penawaran sehingga terjadilah ekuilibrium (keseimbangan pasar). Disaat penjual banyak, harga pasti turun, dan dimana pembeli lebih banyak maka harga pasti naik. Setelah seminggu bermain virtual, saya teringat akun sekuritas istri yang nganggur selama setahun. Akun istri ini dibuat karena pembagian bonus tahunan berupa saham. Bonus saham tersebut ternyata naik sekitar 50%selama setahun dan bahkan menyentuh 66% di akhir tahun. Tips and trick tersebut tetap saya terapkan dan ditambah satu tips and trick lagi yaitu 4. jangan tamak (greedy) dan tetap tenang. Hal ini penting sekali dalam melakukan trading, usahakan tetap tenang ketika saham menurun,dan jangan tamak dalam melakukan penjualan (usahakan harga realistis sehingga saham dapat likuid dengan cepat). Proyeksikan keuntungan yang diharapkan bakal terwujud, tetapkan posisi dimana apakah investor atau trader. Jika memilih trader lakukan analisa teknikal dengan detail dan jika memilih investor, lakukan analisa fundamental dengan cermat.

No comments:

Post a Comment