Saturday 20 October 2012

Know Your Customer

"Know Your Customer", Istilah ini merupakan istilah penting bagi manajemen perusahaan dalam mencapai perusahaan yang sehat. Know your customer sering dipakai pada perusahaan yang bergerak di bidang Jasa. Know Your Customer berarti setiap front liner (marketing, customer service, teller) harus mengenal customer dengan baik. Seperti peribahasa umum, tidak kenal maka tidak sayang begitu juga dengan know your customer. Semakin mengenal customer, tentu saja akan banyak produk yang dapat dijual kepada customer. Mengapa? Karena dengan mengenal customer maka tindakan fraud yang dilakukan pihak ke-3 (customer) dapat diminimalisir sehingga kerugian perusahaan dapat terkontrol. Know your customer merupakan basic principle bagi setiap front liner. Setiap front liner harus memastikan bahwa customer yang dilayani-nya mempunyai itikad baik. Bagaimana caranya? pastikan identitas karyawan tersebut asli, pastikan juga customer menandatangani berkas di depan mata, berusaha eye to eye contact dengan customer, pastikan berkas dan dokumen diisi secara tepat dan benar,dll. Jika terjadi kesalahan di garis depan, maka tentu saja di belakangnya akan mengalami kesalahan yang lebih besar. Kesalahan di garis depan dapat membuat perusahaan mengalami kerugian besar dan butuh waktu lama untuk mengembalikan ke posisi semula. Jadi sebaiknya mencegah daripada harus meminum obat dalam waktu yang lama.